Tuesday, June 21, 2016

Contoh Laporan Hasil Observasi Manajemen Sekolah Studi Kasus (Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Mts Al- Asror Semarang)

Contoh Laporan Hasil Observasi Manajemen Sekolah 
Studi Kasus (Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Mts Al- Asror Semarang)

Manajemen Sekolah merupakan salah satu MKU (Mata Kuliah Umum) seluruh prodi pendidikan di Universitas Negeri Semarang. Dengan adanya Manajemen Sekolah ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diharapkan mampu memahami pelaksanaan Manajemen di Sekolah. Dan sanggup menerapkan ilmunya di hari kemudian.

Berikut merupakan contoh laporan hasil observasi yang kami lakukan di Mts-Al Asror Semarang, mengenai pelaksanaan MBS di sekolah tersebut.

Untuk file lengkapnya silahkan download disini

Sekaligus download file Presentasinya (PowerPoint 2007) disini




IMPLEMENTASI MENEJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS AL ASROR SEMARANG


Tugas Kelompok:
Mata Kuliah: Manajemen Sekolah
Dosen Pengampun: Niam Wahzudik, S.Pd., M.Pd.




Di Susun Oleh:

Octania Nelly Kusani 3601414018
Rahayu Puji Lestari 3601414023
Ajeng Aprilianingtyas 3601414034
Saras Noya 5302414046
Fauziah Eka Safitri 5302414063
Radiva Hera Oktiagi 5302414066



Universitas Negeri Semarang
2016






BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan pada dasarnya ditujukan untuk menyiapkan manusia di masa mendatang agar hidup lebih sejahtera, baik secara individu maupun secara kolektif, sebagai warga masyarakat, bangsa maupun antar bangsa. Namun faktanya pada saat ini pendidikan di Indonesia belum biasa sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat. Fenomena itu di tandai dengan semakin rendahnya tingkat kelulusan, penyelesain masalah pendidikan yang tidak tuntas.

Otonomisasi sektor pendidikan kemudian di dorong pada sekolah, agar kepala sekolah dan guru memiliki tanggung jawab besar dalam peningkatkan kualiatas pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil belajar. Baik dan buruknya hasil belajar siswa menjadi tangung jawab guru dan kepala sekolah karena pemerintah daerah hanya memfasilitasi berbagai aktivitas pendidikan, baik sarana, prasarana, ketenagaan maupun berbagai program pembelajaran yang direncanakan sekolah.

Dalam hal inilah MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) tampil sebagai alternatif baru paradigma manajemen pendidikan yang ditawarkan. Untuk menimbulkan harapan baru terhadap pendidikan di Indonesia. MBS merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka peningkatan mutu, efisiensi dan pemerataan pendidikan, agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerjasama yang erat antar sekolah, masyarakat dan pemerintah.

Madrasah tsanawiyah (disingkat MTs) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah pertama. Dalam hal ini Mts Al Asror adalah salah satu sekolah yang ada di Semarang yang selalu berusaha memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik terhadap peserta didik maupun masyarakat.

Dalam laporan observasi ini akan memaparkan mengenai materi Manajemen Berbasis Sekolah dan hasil observasi mengenai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ditinjau dari manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kerja dan manajemen sarana, dan manajemen anggaran.

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam kegiatan observasi ini adalah:
a. Bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah di Mts Al Asror ditinjau dari manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kerja dan manajemen sarana, dan manajemen anggaran?
b. Apa saja kendala dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di Mts Al Asror yang berkaitan dengan manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kerja dan manajemen sarana, dan manajemen anggaran?



C. Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dari kegiatan observasi ini adalah:
a. Mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah di Mts Al Asror ditinjau dari manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kerja dan manajemen sarana, dan manajemen anggaran.
c. Mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di Mts Al Asror yang berkaitan dengan manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kerja dan manajemen sarana, dan manajemen anggaran.

Sedangkan manfaat yang diharapkan dengan pembuatan laporan observasi ini diantaranya:
a. Bagi Penulis. Dengan kegiatan observasi ini penulis berjarap dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti perkulaian Manajemen Sekolah di Universitas Negeri Semarang, mendapat pengalaman pengetahuan dan wawasan dalam bidang penelitian pendidikan.
b. Bagi Mts Al Asror. Sebagai sumbangan pemikiran guna peningkatan mutu pendidikan di Mts Al Asror, teruatam dalam hal pelaksanaan manajemen komponen-komponen sekolah.
c. Bagi Pembaca. dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di Mts Al Asror yang berkaitan dengan manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manejemen pembiayaan, dan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat.

D. BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan observasi yang kami lakukan adalah penelitian pustaka (library research), observasi lapangan, dokumentasi, dan wawancara dengan wakasek bidang kurikulum.

E. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan observasi ini dilaksanakan pada:
Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Mei 2016
Tempat : Mts Al Asror (JL. Legoksari Raya, No. 02, Patemon, Gunung Pati Semarang)
Waktu : 08.00 WIB – selesai

F. NARASUMBER
Nama : Nana Mulyana
Jabatan : Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

1. Pendekatan Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mencari dan memberikan gambaran umum mengenai hasil penelitian yang didapat dari lapangan dan menghubungkannya dengan teori atau pendapat para ahli.

2. Metode Penentuan Subjek dan Objek
Dalam penelitian ini yang menjadi subjek kepala sekolah Mts Al Asror yang diwakili  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, sedangkan yang menjadi Objeknya adalah komponen-komponen manajemen berbasis sekolah yang telah dibatasi yaitu, manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kerja dan manajemen sarana, dan manajemen anggaran.

3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi ini adalah:
a. Penelitian Pustaka (Library Research), dengan mempelajari buku-bukuan bahan lainnya yang relevan dengan pokok pembahasan dan akan dijadikan landasan teori.
b. Observasi merupakan teknik interaktif dari “keikutsertaan” penelti dalam tingkatan tertentu dalam situasi yang alamiah dalam berbagai kegiatan dimana penelitian dilakukan dalam waktu tertentu. 
c. Dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mencari menganai berbagai variable berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, prestasi, notulen, rapat, legger, agenda dan sebaginya. 
d. Wawancara merupakan teknik yang dipakai sebagai sarana untuk mengumpulkan data percakapan dengan sebuah tujuan, penelitian ini menggunakan teknik wawancara terstruktur.

4. Metode Analisi Data
Teknik analisis data yang digunakan adalah anilisis non statistika, dimana peneliti langsung kelapangan mulai dari pengumpulan data hingga penafsiran terhadap data tersebut. Data yang dikumpulkan dilapangan melalui pengamatan langsung (observasi) dan wawancara dengan responden, yang kemudian dapat diambil kesimpulannya.


No comments:

Post a Comment

Easy Lyrics En Garde - En Butter Boys Planet

 En Garde Lyrics Romanization, Hangul and Translation En Garde (준비, 시작!) By En Butter Killing Part/Sub Vocal 3: Park Gun Wook Main Vocal: Le...